Harga Sikat Gigi Terbaru di Pasaran 2018

Harga Sikat Gigi Terbaru di Pasaran 2018– kini setiap orang pasti membutuhkan sikat gigi untuk membersihkan gigi agar tetap segar dan tentunya mencegah timbulnya gigi berlubang. Kemudian untuk pengertian dari sikat gigi yaitu alat untuk membersihkan gigi yang berbentuk sikat kecil dengan pegangan. Pasta gigi biasanya ditambahkan ke sikat gigi sebelum menggosok gigi. Sikat gigi banyak jenisnya, dari yang bulunya halus sampai kasar dan bentuknya kecil sampai besar juga  berbagai desain pegangan. 

Kebanyakan dokter gigi menganjurkan penggunaan sikat yang lembut meskipun sikat gigi berbulu lembut kurang efektif membersihkan sela-sela gigi karena sikat gigi berbulu keras dapat merusak lapisan enamel dan melukai gusi.dan menyikat gigi dilakukan minimal dua kali sehari yaitu sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur malam. 

Menyikat gigi juga dianjurkan menggunakan pasta gigi yang membantu membersihkan gigi lebih bersih dan wangi. jarangnya menyikat gigi bisa  timbulnya plak di gigi yang diakibatkan dari penumpukan kotoran di gigi. Plak gigi juga dapat menyebabkan gigi berlubang yang jika dibiarkan bisa membuat gigi ngilu. Selain plak dan gigi berlubang juga arangnya menyikat gigi juga dapat mengakibatkan bau napas yang tidak sedap sehingga dapat dijauhi oleh teman sekitar tentunya.

Kemudian sikat gigi sudah ada sejak 3.500 sikat gigi dinyatakan sebagai salah satu alat paling tua yang masih digunakan oleh manusia sampai sekarang. Pada bangsa mesir menggunakan stik kunyah sebagai sikat gigi. Stik kunyah ini mereka ambil dari kayu dari tanaman siwak. Tanaman ini dipercaya sebagai obat dan memiliki kemampuan antiseptik. 

Caranya adalah dengan menggigit-gigit salah satu ujung dari stik sehingga lama-kelamaan serat kayunya membentuk seperti bulu sikat. Mereka menggosokkan giginya menggunakan stik kayu tersebut. Mereka juga meruncingkan ujung kayu untuk membersihkan sela-sela gigi.dan peenggunaan siwak bahkan terus berlanjut di peradaban Arab sampai sekarang, 

Penggunaannya ikut menyebar ke negara lain terutama pada zaman keemasan Islam dimana saat itu ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat termasuk dibidang kesehatan.Dari peradaban arab  sejarah berlanjut ke negara china  dimana orang China mulai mengembangkan sikat gigi dalam bentuknya yang lebih modern. Merekalah yang dianggap sebagai penemu sikat gigi dengan bentuknya seperti yang kita lihat sekarang ini. Pada abad ke 15, orang China menggunakan bulu dari babi hutan Siberia  lalu memasangkannya pada stik bambu. Alat ini lalu mereka gunakan sepeti sikat gigi modern manual zaman sekarang ini.

Setelah itu sikat gigi dari china ini lalu dibawa ke Eropa. Karena bulu babi hutan memiliki kekurangan berupa teksturnya yang terlalu kasar bagi gusi, beberapa orang mulai memodifikasi dengan menggantinya menggunakan bulu yang terdapat pada punggung kuda yang lebih lembut terhadap gigi dan gusi.  sikat gigi yang menggunakan bulu babi hutan tetap lebih banyak digunakan karena kuda merupakan hewan yang sangat berharga pada zaman tersebut.dan dinegara eropa sendiri juga sudah ada alternatif lain cara membersihkan gigi yaitu dengan cara orang Yunani. 

Mereka menggunakan kain linen ataupun spon yang dibasahi minyak sulfur dan larutan garam. Terkadang kain ini dipasangkan pada suatu stik untuk membantu mencapai gigi belakang.

 Walaupun sudah ada dua cara membersihkan gigi dan kebanyakan orang Eropa saat itu masih belum memiliki kegiatan menyikat gigi dalam kehidupannya.dan sekitar tahun 1780 sikat gigi modern pertama kali dibuat olehseorah ahli dinegara  Inggris. membuat sikat gigi untuk membersihkan giginya dengan menggunakan tulang yang berasal dari makan malamnya, lalu mengkombinasikannya dengan bulu sikat yang dia pinjam dari penjaga tahanan. Dan juga ditemukanlah gagang sikat gigi pertama yang terbuat dari plastik. Gagang sikat gigi yang terbuat dari plastik ini lalu menjadi pilihan yang terbaik untuk pembuatan sikat gigi.dan untuk penggunaan bulu sikat dari bulu hewan masih terus digunakan sampai tahun 1937. 

Sampai akhirnya menciptakan bulu sikat dari bahan nilon pada penemuan ini lalu mengubah sejarah sikat gigi untuk selamanya. Pada tahun 1938 nilon menjadi salah satu tanda dimulainya masa modern dan serat nilon tampaknya menjadi pilihan terbaik untuk menggantikan bulu sikat yang berasal dari hewan karena memiliki berbagai kelebihan seperti tekstur bulu yang lebih dapat diatur dan biaya produksi yang lebih murah. Perusahaan sikat gigi juga menemukan bahwa bentuk dari bulu sikat nilon ini dapat diatur bentuk dan ukuran diameternya untuk menghasilkan performa penyikatan yang lebih baik.

Pada nilon  juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan bulu sikat babi hutan yaitu sifatnya yang lebih sulit untuk kering sehingga mudah ditumbuhi bakteri. Walaupun nilon terus berlanjut mendominasi pasar sikat gigi sekarang ini dan pada sikat gigi dengan bulu babi hutan ternyata juga masih dipasarkan dengan persentase 10 persen yang dijual di seluruh dunia.

Dan  perusahaan sekarang juga menawarkan sikat gigi yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pasien. Mulai dari desain bulu sikat dan  tekstur sampai n ukuran kepala sikat juga  alternatif penggunaan sikat gigi elektrik.

Tips menjaga sikat gigi agar tetap sehat sebagai berikut:
v  Perhatikan jarak penyimpanan sikat gigi dengan wc karena wc  mengandung banyak bakteri dan  sikat gigi disimpan di dekat wc bakteri dari wc dapat menempel ke sikat gigi.
v  Simpan sikat gigi setelah dibilas terlebih dahulu
v  Pastikan sisa-sisa busa pasta gigi sudah tidak menempel di sikat gigi.
v  Simpan sikat gigi di tempat yang kering
v  Sikat Gigi Rusak (kiri)
v  Simpan sikat gigi dengan kepala sikat gigi menghadap ke atas
v  Jangan menggunakan sikat gigi bergantian.
v  Jangan menyimpan sikat gigi berdekatan dengan sikat gigi orang lain atau keluarga
v  gantilah sikat gigi setelah sakit gigi
v  Gantilah sikat gigi dengan rutin

Harga Sikat Gigi Terbaru di Pasaran 2018


Harga Sikat Gigi Terbaru di Pasaran 2018
  1. Sikat gigi elektrik dengan harga 80.000
  2. Sikat gigi pepsodent dengan harga 5.000
  3. Sikat Gigi Pepsodent sensitiv dengan harga 17.000


Itulah harga sikat gigi dan sedikit informasi semoga bermanfaat trimakasih.

Komentar